Bobby Nasution Ajak Masyarakat Tak Enggan Donor Darah
Bobby Nasution Ajak Masyarakat Tak Enggan Donor Darah

BobbyNasution.id, Medan –  Calon Walikota Medan 2020 Bobby Nasution ajak warga untuk tidak takut melakukan donor darah, meskipun pandemi Covid-19 belum mereda. Bahkan, ia menyarankan warga untuk menyumbangkan darahnya, demi membantu sesama yang membutuhkannya.  Ajakannya ini bukan sekedar omong kosong, karena ia juga menyempatkan diri untuk ikut donor darah pada 5 Juli 2020 lalu.

Pada saat itu, ia baru memperingati hari ulang tahunnya. Pria yang baru saja menginjak usia 29 tahun ini tidak hanya berpartisipasi melakukan donor darah di salah satu gerai PMI yang terletak di jalan Pulau Pinang. Tidak hanya itu, ia juga membagikan masker kepada masyarakat yang berlalu lalang di kawasan tersebut. Saat membagi masker, ia juga mengajak warga untuk turut donor darah. Ia melakukannya tanpa sungkan dan gengsi.

Baca Juga: DPD Golkar Sumatera Utara Positif Dukung Calon Wali Kota Medan, Bobby Nasution

Seperti biasa, kehadiran Bobby di kawasan tersebut sangat menarik warga. Mereka tidak hanya berbondong-bondong untuk berdonor darah, tetapi juga memanfaatkan momen ini untuk berfoto bersama calon Wali Kota Mereka. Bobby yang berkaos merah, tampak bersemangat dalam beramah tamah dengan siapa saja yang menyapanya.

Bobby mengunjungi gerai PMI dan melakukan prosedur seperti layaknya pendaftar yang lain. Ia turut mengantri dan juga mengisi formulir, serta melakukan proses periksa darah dan juga memeriksakan tekanan darah sebelum berdonor. Pencetus #KolaborasiMedanBerkah ini terus menyarankan masyarakat supaya tidak menghindari kegiatan donor darah.

“Karena proses dan alat-alat kesehatan yang digunakan terjamin kualitasnya berdasarkan ketentuan protokol kesehatan,” tegas Bobby. “Karena darah kita bisa menyelamatkan orang lain. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, katanya amal kita bisa dilipat gandakan.” Menurutnya, melakukan donor darah tidak hanya membantu orang lain, tetapi juga menyehatkan tubuh.

Kehadiran Bobby menjadi kegembiraan tersendiri bagi para petugas PMI. Hal ini diungkapkan oleh , Zulham, Kepala Markas PMI Kota Medan. Ia berujar bahwa PMI terus membuka berbagai macam gerai yang ditempatkan di tempat-tempat strategis di kota Medan. Hal ini dilakukan, mengingat permintaan darah semakin tinggi selama pandemi. Sayangnya, stok tidak sesuai permintaan.  Jadi untuk menjaga stok darah yang ada di PMI Kota Medan, kita membuat gerai-gerai seperti ini,” terangnya.

Zulham menjelaskan bahwa total stok darah yang ada di PMI Kota Medan hanya mencapai 500 sampai 1.000 kantong per hari. Hal ini tentu memprihatinkan karena sebelum pandemi Covid-19, stok kantong darah di PMI Kota Medan mencapai angka 2.000.  Padahal, angka rata-rata permintaan per harinya mencapai 150 kantong darah. PMI Kota Medan pun harus melakukan upaya ekstra.

Upaya tersebut adalah dengan memberikan bingkisan kepada pendonor, yaitu berupa lucky draw. Pemberian bingkisan ini ternyata dapat menarik minat masyarakat. Menurut Zulham, bingkisan yang diberikan berupa sembako, Tupperware, dan banyak lagi. Bingkisan ini tentu adalah wujud kerjasama dengan beberapa organisasi.”Itulah pendekatan-pendekatan yang kita lakukan,” paparnya.

Baca Juga: Calon Wali Kota Medan Bobby Nasution: Mencari Wakil Bebas Korupsi

Ia melanjutkan bahwa kegiatan pembukaan gerai semasa pandemi Covid-19 kerap digelar di Lapangan Merdeka. “Alhamdulillah, hingga jam 08.00 wib, sudah mencapai 28 kantong darah terkumpul,” lanjutnya. “Kita akan berupaya semaksimal mungkin untuk mendapatkan donor darah, termasuk mengundang tokoh-tokoh masyarakat.” Dalam hal ini, ia mengatakan bahwa kehadiran Bobby Nasution dapat membuat masyarakat tergerak pula untuk mendonorkan darah.

Memang, kehadiran calon Wali Kota Medan yang memiliki karisma itu sangat menarik perhatian masyarakat. Terlebih, Bobby juga tidak enggan untuk turut membaur bersama masyarakat. Selain berfoto bersama warga, ia juga mendukung para pelaku UMKM yang menjajakan dagangan di sekitar gerai PMI, seperti Minuman Sehat Uncle Land dan Kemplang Palembang Foodies Homemade.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here