Bobby Nasution: Harapan Warga Sungai Deli Pecahkan Masalah Lingkungan
Bobby Nasution: Harapan Warga Sungai Deli Pecahkan Masalah Lingkungan

Bobby Nasution – Calon Walikota Medan 2020 Bobby Nasution merupakan sosok yang pas dalam memberikan solusi berkeadilan yang diharapkan warga masyarakat yang tinggal disekitar Sungai Deli. Mereka memang berharap bahwa nantinya Kota Medan akan mendapatkan pemimpin dengan pemecahan masalah, terkait dengan persoalan menahun yang mereka hadapi. Persoalan tersebut, terkait dengan kesejahteraan warga, serta kondisi lingkungan kumuh dan tidak terurus kebersihannya.

Permasalahan ini diketahui Bobby karena banyak sekali relawan komunitas Bobby Nasution yang juga merupakan warga setempat.  Tak lama setelah mereka menyampaikan aspirasinya kepada Bobby,  ia langsung memberikan tanggapan positif, sekaligus tindakan konkrit.  Bobby memberikan perhatian kepada warga, sekaligus memberikan solusi terbaik, hingga nantinya ia akan melaksanakannya saat sudah mendapatkan amanah warga menjadi Wali Kota Medan berikutnya.

Baca Juga: Calon Wali Kota Medan Bobby Nasution: Mencari Wakil Bebas Korupsi

Hal ini diungkapkan oleh Desi Haryanti Sitepu. Wanita yang juga seorang relawan Komunitas Peduli Anak dan Sungai Deli atau Kopasude, memaparkan kondisi yang dialami oleh warga di kisaran Sungai Deli. Ia sangat prihatin, dengan kondisi lingkungan serta masyarakat, terutama para anak-anak. Oleh karena itulah, ia berharap pemimpin yang amanah, dimana masyarakat pasti akan menurut dengan pemimpin yang benar-benar dapat memberikan solusi yang menjamin keadilan bagi siapa saja.

“Apabila mau menggusur masyarakat, sediakan lahan yang layak dan memikirkan segi sosial ekonomi. Dan apabila terjadi penggusuran lahan eks kawasan pemukiman, harus jelas peruntukannya untuk kawasan terbuka hijau, bukan menjadi bangunan komersil,”  papar pengurus dari Bidang Litbang dan Usaha Kopasude tersebut.

Ia melanjutkan bahwa pemerintah nantinya perlu memiliki tiga aspek penting, yaitu perencanaan, pelaksanaan serta pengawasan secara terpadu, dan terintegrasi. Tidak hanya itu, ketiganya harus berkesinambungan.  Upaya ini perlu dilakukan dari bagian hulu ke hilir. Semua pemangku kepentingan harus turut terlibat. Jika tidak, maka Sungai Deli akan terancam kelestariannya, terutama dari segi kualitas air sekaligus sempadan sungainya.

Lahan tersisa yang ada di sekitaran sempadan, lanjut Desi, dapat dimanfaatkan menjadi ruang terbuka. Hal ini merupakan satu dari sekian banyak solusi berkeadilan yang berfokus pada kepentingan masyarakat banyak. Yang tak kalah penting adalah rutinitas pembersihan sampah yang ada di badan sungai. “Agar pemukiman sekitar Sungai Deli tidak kumuh dan layak huni, pemerintah bisa membuat kampung deret dengan konsep panggung di bantaran sungai,” tutur Desi.

Desi menyebut tentang kampung deret. Ia menjelaskan bahwa  kampung deret ini adalah konsep dari rumah susun. Namun demikian, kampung deret lebih memberikan perhatian lebih akan sistem ekologi. Desain hunian, kata Desi, perlu dirancang dengan model panggung, sehingga dapat terhindar dari banjir musiman.

Namun, Desi sadar bahwa hal ini hanya dapat terwujud jika pemegang pemerintahan tertinggi Kota Medan adalah sosok yang tegas, berani dan juga memikirkan kepentingan rakyat.  Desi mengatakan bahwa pemimpin yang pas dapat mengembalikan manfaat sungai Deli secara utuh, kepada seluruh masyarakat.

Baca Juga: DPD Golkar Sumatera Utara Positif Dukung Calon Wali Kota Medan, Bobby Nasution

Bobby Nasution sendiri bukannya tidak memikirkan kondisi sungai Deli. Ia justru sempat mengunjungi Kawasan Sungai Deli di awal Juli 2020 lalu. Ia sudah mendengarkan aspirasi masyarakat sekitar. “Saya melihat, untuk mengatasi permasalahan Sungai Deli ini kita harus berkolaborasi dengan semua pihak,” tukasnya waktu itu.

Ia juga sedang memikirkan solusi kesenjangan sosial yang disebabkan kriminal, peredaran narkoba, dan gizi buruk anak sekitar sungai Deli.  “Ini tanggung jawab kita bersama, hingga bagaimana masyarakat di sini dapat diberdayakan agar bisa meningkatkan kesejahteraannya. Maka, sangat perlu kolaborasi dari kita semua agar anak-anak generasi penerus bangsa dari tepi Sungai Deli mendapatkan gizi yang baik, pendidikan berkualitas dan terhindar dari tindak kejahatan narkoba,” papar Bobby.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here