Calon Wali Kota Medan Bobby Nasution Apresiasi Upaya Kopasude Pulihkan Sungai Deli
Calon Wali Kota Medan Bobby Nasution Apresiasi Upaya Kopasude Pulihkan Sungai Deli

BobbyNasution.id, Medan –  Calon Walikota Medan 2020 Bobby Nasution berlibur di akhir pekan, 4 Juli 2020 lalu, untuk menghabiskan waktu dengan Komunitas Peduli Anak Sungai Deli atau yang lebih populer disebut Kopasude. Mereka menyusuri Sungai Deli menggunakan perahu karet. Tentu, kesempatan ini dipergunakan untuk bermain dengan anak-anak yang tinggal di tepi Sungai Deli.

Bobby menyempatkan diri untuk melihat kreasi Kopasude, sebelum ia mencoba serunya naik perahu karet di Sungai Deli. Ia menyaksikan karya Kopasude yang terletak di salah satu titik permukiman, yang terletak tepi Sungai Deli.

Baca Juga: Calon Wali Kota Medan Bobby Nasution: Mencari Wakil Bebas Korupsi

Kawasan ini lebih populer disebut Kampung Badur.  Bobby mengunjungi sanggar pendidikan yang dipergunakan untuk menjadi wadah bagi anak-anak yang tinggal di bantaran Sungai Deli.  Tim Kopasude memberikan pelajaran bagi mereka, minimal tiga kali seminggu.

Kehadiran Bobby menjadi perhatian dari warga kampung Badur, dimana mereka antusias saat menyambut kandidat kuat Wali Kota Medan ini. Setelah beramah tamah, ia menuju ke Homestay milik Kopasude dengan menempuh dua kilometer, yakni menuju Jalan Palang Merah Medan. Bobby berbincang akrab dengan Agung, ketua Kopasude di sepanjang jalan menuju Homestay. Agung memberikan banyak informasi tentang keberadaan Sungai Deli yang sesungguhnya.

Beberapa anggota tim Kopasude juga menyampaikan beberapa informasi, terkait dengan penggusuran warga di sekitar sungai Deli.  “Padahal mereka hanya masyarakat kecil yang tidak punya tempat selain di pinggiran Sungai Deli. Membangun sebuah rumah panggung kecil dan sedikit saja menghasilkan limbah rumah tangga,” jelas Agung kepada Bobby.

Agung mengatakan bahwa ada hal kontras. Gedung tinggi terlihat banyak di sekitar Sungai Deli. Apalagi, mereka semua membuang limbah mereka—yang tentu dalam jumlah besar—ke sungai. Mereka juga membangun di atas lahan yang terdapat di Daerah Aliran Sungai. Hal ini mengakibatkan penyempitan sebagian dari Sungai Deli, dimana bagian tersebut menjadi dangkal dan penuh limbah. “Sudah beberapa pemimpin kita ajak juga menyusuri Sungai Deli melihat permasalahan yang ada. Tapi setelah itu tidak ada tindak lanjut,” papar Agung.

Kopasude berharap pemimpin yang bijaksana, dimana dalam hal ini pemimpin tersebut dapat menyelamatkan areal DAS Sungai Deli dari tambahan bangunan untuk perkantoran dan industri. Terdapat 35 hektar lahan yang ada di tepi Sungai Deli, yang dapat dimanfaatkan untuk menanam pepohonan sebagai sarana resapan air. Bukan rahasia lagi jika banjir rutin di Medan adalah karena rusaknya DAS yang ada di Sungai Deli.  “Pemimpin yang cinta lingkungan dan peduli sosial, pemberani. Itulah sosok Walikota yang kita butuhkan saat ini,” tambah Agung.

Bobby menunjukkan apresiasinya dengan upaya Kopasude. Ia berpesan agar tim Kopasude dapat berkolaborasi lebih erat dengan berbagai pihak. Hal ini harus dilakukan sehingga Kopasude dapat dengan mudah mendedikasikan diri untuk lingkungan.

“Kawan-kawan di Kopasude sudah berbuat sejauh ini sejak 2014 untuk melestarikan dan melakukan pendidikan kepada anak-anak di sekitar Sungai Deli. Saya sangat mengapresiasi,” paparnya. “Masalah banyak tadi sudah saya dengar dan lihat langsung. Bukan masalahnya yang besar tapi upaya kita berkolaborasi dengan semua pihak untuk menyelesaikan satu persatu masalah yang kita alami.”

Baca Juga: DPD Golkar Sumatera Utara Positif Dukung Calon Wali Kota Medan, Bobby Nasution

Bobby memahami kesenjangan ekonomi di kawasan tersebut. Memang, banyak masalah muncul, dari anak putus sekolah, kriminalitas—terutama peredaran narkoba. serta kualitas gizi anak-anak di tepi Sungai Deli.

“Ini adalah tanggungjawab kita bersama, hingga bagaimana masyarakat disini dapat diberdayakan agar bisa meningkatkan kesejahteraannya. Maka sangat perlu kolaborasi dari kita semua agar anak-anak generasi penerus bangsa dari tepi Sungai Deli mendapatkan gizi yang baik, pendidikan yang berkualitas, dan terhindar dari tindak kejahatan narkoba,” pungkas Bobby.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here