Museum Situs Kota Cina di Medan Marelan
Museum Situs Kota Cina di Medan Marelan

Bobby Nasution – Museum situs Kota Cina di Medan Marelan pertama kali diketemuan adalah pada tahun 1970. Hanya saja sejarahnya mulai bergaung saat ditemukannya arca kuno di tahun 1896, secara tidak sengaja. Lantaran pada masa itu sedang diadakan penggalian dengan alat berat untuk membuat jalur tol Belmera. Hingga saat ini peninggalan Kota Cina di Medan belum ditemukan seluruhnya. Para Arkeolog sedang berupaya mencari bukti peninggalan yang memberikan informasi tentang kemakmuran wilayah pelabuhan tersebut.

Menjelajah Museum Situs Kota Cina di Medan Marelan

Menjelajah Museum Situs Kota Cina di Medan Marelan. Secara resmi situs tercatat berada di Kelurahan Paya Pasir. Hingga saat ini tellah tercatat ditemukan 23 lokasi yang memiliki kriteria sebagai cagar budaya.

Beberapa jejak peninggalan masa lalu memang dapat dikenali lewat reruntuhan tempat yang ditaksir sebagai tempat peribadatan. Para arkeoloh berhasil menemukan arca Hindu dan Budha, uang, alat pertukangan terbuat dari material logam. Tidak ketinggalan juga peralatan yang membuktikan bahwa ada pemukiman disana dulu.

Baca juga: Lawan Pandemi Corona, Bobby Nasution Bantu Alat APD ke Puskesmas Sukaramai

Benda-benda bersejarah yang menjadi bukti konkret peninggalan Kota Cina di Medan. Serta bukti suksesnya perdagangan lintas negara dan suku bangsa yang dikelola oleh masyarakat Cina di pelabuhan laut. Semua penemuan tersebut disusun dengan apik di Museum Situs Kota Cina.

Harga Tiket Masuk Museum

Wisatawan yang ingin berkunjung ke Museum Situs Kota Cina, harus menelusuri jalan kecil. Sedikit sulit untuk bisa menemukan lokasi peninggalan Kota Cina di Medan. Jika menggunakan transportasi publik, masih harus berjalan kaki sekitar 1 km.

Karena kendaraan umum hanya mengantarkan pada rute peninggalan masa lalu yang ada di jalan besar. Walaupun kecil jalanannya, jika pengunjung membawa mobil tetap bisa di bawa masuk. Sebab jalanan masih cukup untuk dilalui satu mobil.

Harga tiket masuk untuk pengunjung terbagi menjadi beberapa golongan.

  • Tiket Masuk Pelajar Rp 5.000,-
  • Tiket Masuk Mahasiswa Rp 10.000,-
  • Tiket Masuk Umum Rp 15.000,-

Situs Tertimbun Bangunan Baru

Lokasi peninggalan Kota Cina di Medan yang dilaporkan padat penduduk terletak di antara Sungai Belawan dan Sungai Deli. Karena lahan ini merupakan fluvial sediment yang mengalami pengendapan di bagian muara.

Meski belum semua bukti sejarah diketemukan, upaya penggalian akan semakin sulit dilakukan. Lantaran pemukiman penduduk baru dibangun tidak jauh dari peninggalan masa lalu. Selain itu juga terdapat kawasan industri. Termasuk dengan dibuatnya Danau Siombak, yang menjadi tempat wisata favorit warga Medan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here