Pahlawan-pahlawan Ini Ternyata Orang Sumatera Utara, Beberapa Bahkan Asal Kota Medan
Pahlawan-pahlawan Ini Ternyata Orang Sumatera Utara, Beberapa Bahkan Asal Kota Medan

Bobby Nasution – Perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan sangatlah panjang dan berat. Dibalik kemerdekaan bangsa Indonesia, puluhan ribu rakyat Indonesia berkorban nyawa. Tetapi, perjuangan rakyat tentu ada yang mempelopori dan memimpin. Siapa mereka? Mereka adalah pahlawan-pahlawan bangsa.

Para pahlawan ini berjuang di daerahnya masing-masing demi mencapai kemerdekaan bangsa. Di Sumatera Utara, ada beberapa pahlawan yang namanya harum hingga kini. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

Sisingamangaraja XII

Pahlawan asal Medan yang pertama adalah Sisingamangaraja XII. Ia mulai memerintah pada tahun 1876, bertepatan dengan masuknya Belanda ke Sumatera Utara. Monopoli perdagangan yang dilakukan oleh Belanda tidak kunjung usai, sehingga memicu terjadinya perang. Perang yang dipimpin oleh Sisingamangaraja XII ini terjadi selama puluhan tahun. Pahlawan bangsa ini gugur saat ditembak Belanda di wilayah Dairi.

Baca juga : Bobby Nasution Berikan Becak Sampah Untuk Warga Kampung Nelayan

Adam Malik

Adam Malik adalah mantan wakil presiden Indonesia yang ketiga. Ada banyak cara untuk menunjukkan rasa cinta pada bangsa. Meskipun tidak ikut dalam peperangan, Adam Malik ikut memperjuangkan kemerdekaan dan hak bangsa Indonesia dalam urusan diplomatik. Beliau adalah orang Indonesia pertama yang menjadi Ketua Majelis Umum PBB yang ke 26. Beliau ditetapkan sebagai pahlawan nasional pada tanggal 6 November 1998.

T.B Simatupang

Pahlawan asal Sumatera Utara yang berikutnya adalah T.B Simatupang. Orang berjasa ini memiliki nama lengkap Tahi Bonar Simatupang. Ia diberikan gelar sebagai pahlawan nasional pada tahun 2013. Beliau adalah orang berjasa yang menjadi mantan Kepala Staf Angkatan Perang Republik Indonesia atau KASAP. T.B Simatupang meninggal pada tahun 1990 di Jakarta. Wajah beliau diabadikan dalam pecahan uang 500 pada tahun 2016.

Baca juga : Bobby Nasution Calon Pertama yang Berkunjung ke Museum Perjuangan Pers

Djamin Ginting

Jasa dari pahlawan Djamin Ginting memang sudah tidak bisa dihitung. Pahlawan asal Sumatera Utara ini adalah pelopor kemerdekaan di Tanah Karo. Dalam jabatannya sebagai petinggi TNI, ia berhasil memberantas pemberontakan Nainggolan di kota Medan pada tahun 1958. Pemerintah Indonesia mengangkat Djamin Ginting menjadi pahlawan nasional pada tanggal 7 November 2014. Jasa-jasanya memang tidak terlupakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here