Pedagang Pasar Petisah Harapkan Peran Calon Wali Kota Bobby Nasution
Pedagang Pasar Petisah Harapkan Peran Calon Wali Kota Bobby Nasution

BobbyNasution.id, Medan –  Calon Walikota Medan 2020, Bobby Nasution menjadi harapan bagi para pedagang di Pasar Petisah.  Harapan tersebut adalah adanya perbaikan di salah satu pasar terbesar d Kota  Medan itu.

Perbaikan tersebut mencakup perbaikan sarana dan juga prasarana, serta beberapa pembenahan yang diperlukan.  Harapan tersebut disampaikan oleh para pedagang, saat mereka mendapatkan kunjungan dari komunitas relawan Bobby Nasution  pada 16 Juni 2020.

Pasar Petisah, menurut para pedagang, sangat becek dan minim saluran udara. Blower yang tersedia tidak pernah dinyalakan selama tujuh belas tahun. Banjir juga sudah menjadi langganan dari pasar ini, terutama jika hujan sangat lebat.  Kebersihan pasar juga sangat memprihatinkan, padahal para pedagang selalu membayar retribusi kebersihan. Para pedagang merasa terganggu dengan sampah menumpuk dan lantai yang tidak pernah bersih.

Baca Juga: Bobby Nasution Manyalurkan APD Bagi Garda Terdepan di Puskesmas Padang Bulan

Selain bantuan sarana dan prasarana di pasar, para pedagang juga membutuhkan modal.  Mereka mengharapkan modal  yang tidak menggunakan jaminan.  Semua aspirasi tersebut ditampung oleh tim relawan Bobby Nasution (ReBorn). Dipimpin oleh Suwarno, tim ReBorn kali ini tidak hanya menampung aspirasi pedagang, tetapi juga akan menyampaikannya kepada Bobby Nasution.

Hadir pula dalam acara tersebut penasehat ReBorn, Susilo, serta Rahmad Syah Ramadhan Harahap  dan Siswarno selaku Sekretaris Umum dan wakilnya. Pengurus ReBorn lainnya adalah Mester Harahap sebagai Bendahara, Teken Sinaga yang menjabat sebagai Humas, dan Abu Bakar sebagai koordinator relawan.

Kedatangan tim ReBorn, menurut Suwarno, adalah murni gagasan dari Bobby Nasution. “Agar diketahui secara langsung apa yang menjadi pokok utama persoalan pedagang” ucapnya.  Menurut pria yang juga sebagai Ketua Umum DPP Pelindung Persaudaraan Pedagang Pasar Bersatu itu, pihaknya semakin mudah mencari pemecahan masalah para pedagang. Tanpa komunikasi langsung dengan pedagang, pihaknya tidak mengetahui pokok permasalahan yang ada.

“Dari hasil yang kami dapatkan secara langsung para pedagang sangat berharap adanya bantuan modal usaha dengan sistem tanpa adanya jaminan. Karena sejak persoalan covid-19 pedagang sudah kesulitan mendapatkan penghasilan. Kita akan merampungkan persoalan ini secara bersama agar menemukan formula yang tepat,” papar Suwarno.

Suwarno melanjutkan bahwa pedagang memang membutuhkan kenyamanan di area tempat mereka berjualan. Kenyamanan pasar, menurutnya, bukan hanya untuk kepentingan pedagang, tetapi juga pengunjung. Jika pengunjung dan pedagang pasar Petisah merasa nyaman, maka akan ada peningkatan pendapatan untuk pedagang. Karena itulah, lanjut Suwarno, perwujudan pasar yang nyaman dengan sarana serta prasarana yang bagus hanya dapat diwujudkan oleh Wali Kota yang terbaik.

“Dari data sekitar 500 lembar formulir yang sudah masuk dengan segala persoalan yang dihadapi pedagang, ternyata para pedagang sangat-sangat menginginkan Wali Kota Medan yang baru, dan berharap Bobby Nasution menjadi pemimpin di kota ini. Ini bukan kata kami. Kami punya bukti secara tertulis di atas kertas yang langsung ditulis rakyat Kota Medan. Tanpa adanya intervensi dari tim yang turun, tetapi niat tulus yang langsung dibubuhkan di secarik kertas,” Suwarno menegaskan demikian.

Baca Juga: Bobby Nasution Manyalurkan APD Bagi Garda Terdepan di Puskesmas Padang Bulan

Tim ReBorn akan terus melakukan survey di seluruh pasar di Kota Medan yang total berjumlah 53. “Kami akan kerja terus di Pasar Petisah. Akan kerja keras untuk perubahan Kota Medan lebih baik lagi,” lanjutnya.  Survey di Pasar Petisah sendiri akan digelar selama dua hari karena mencakup lantai satu dan area basement.  Rahmad Syah Ramadhan turut berpendapat bahwa semua pedagang yang berjumlah 500 orang akan turut dalam survey ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here