Politik Santun Bobby Nasution Tuai Pujian Terutama Dari Pakar Komunikasi
Politik Santun Bobby Nasution Tuai Pujian Terutama Dari Pakar Komunikasi

Bobby Nasution – Calon Walikota Medan 2020 Bobby Nasution kembali tuai pujian. Kali ini dari Ara Auza, S.Sos, M.I.Kom, salah seorang Akademisi Komunikasi UMA. Ia turut memberikan pendapat tentang bagaimana sikap santun Bobby Nasution saat menyapa pesaingnya dengan ramah dan santun. Tentu, pesaing dalam hal ini adalah Akhyar Nasution, calon Wali Kota Medan yang juga maju di Pilkada 2020.

Pakar komunikasi ternama ini mengatakan bahwa perilaku santun dalam berpolitik sangat menarik perhatian masyarakat. Terutama hal ini dilakukan oleh seseorang yang sudah memiliki ‘kedudukan’. Semua orang tahu bahwa Bobby adalah menantu dari presiden Joko Widodo. Namun, ia tidak menunjukkan sikap layaknya keluarga dari orang nomor satu di Indonesia ini.   Perilaku santun ia tunjukkan, dalam bentuk komunikasi gestur dan verbal.

Baca Juga: Calon Wali Kota Medan Bobby Nasution: Mencari Wakil Bebas Korupsi

Lebih lanjut, Ara menjelaskan tentang James Borg. James adalah ahli bahasa tubuh pang menjelaskan tentang berbagai macam bentuk bersalaman.  Borg menjelaskan tentang bentuk bersalaman untuk menunjukkan sikap profesional, kemudian bersalaman untuk menunjukkan bentuk keakraban, dan juga bersalaman dalam mengekspresikan cinta dan kasih, serta bersalaman untuk menunjukkan kesopanan.

“Dan salaman yang dilakukan Bobby Nasution dengan sedikit membungkuk menunjukkan kesopanan pada orang yang lebih dituakan atau dianggap lebih tua,” katanya menjelaskan lebih lanjut. Ara mengatakan bahwa bersalaman seperti yang dilakukan Bobby telah sesuai dengan konteks budaya timur.  Budaya ini menunjukkan ekspresi penghormatan dari yang muda kepada yang tua.

“Identitas asli anak Medan ya begini, santun dan tetap menghormati siapapun, apalagi yang lebih tua atau senior. Dalam momen apa saja, termasuk saat sedang dalam persaingan memperebutkan kursi Wali Kota Medan,” katanya menerangkan.

Secara khusus Ara mengatakan bahwa kedamaian dirasakan banyak orang saat melihat sikap Bobby yang berpolitik melalui cara yang sehat dengan menunjukkan perilaku santun. Bobby selalu menunjukkan sikap penghormatan untuk lawannya. Bobby selama ini juga tidak menebar segala bentuk kebencian serta permusuhan.

“Apa yang dilakukan Bang Bobby ini bisa menjadi contoh baik bagi setiap anak muda yang ingin terjun ke dunia politik, dan menjadi tanda kalau Medan punya kader politik dan masa depan yang cerah,” kata Ara menjelaskan lebih lanjut.

Bakal pasangan calon peserta Pilkada Medan bertemu pada 8 September 2020 di Hotel Santika Dyandra, Medan. Mereka diwajibkan mengikuti tes psikologi yang diselenggarakan Himpunan Psikologi Indonesia atau HIMPSI dimana tes ini adalah salah satu tes wajib yang harus dilakukan bapaslon setelah mendapatkan verifikasi dari Komisi Pemilihan Umum atau KPU.

Terlihat pada pertemuan tersebut, kehadiran Akhyar Nasution dan Salman Alfarisi lebih dahulu ndibandingkan Bobby Nasution dan Aulia Rahman. Karena itulah, Bobby langsung menyapa Akhyar dan Salman secara bergantian, dengan melakukan bersalaman dengan cium tangan. “Izin ya dak,” kata Bobby ketika mencium tangan Akhyar.

Baca Juga: DPD Golkar Sumatera Utara Positif Dukung Calon Wali Kota Medan, Bobby Nasution

Pertemuan ini menjadi penanda dimana Bobby dan Aulia sama-sama menjunjung kehormatan sebagai sosok panutan. Mereka tidak menunjukkan persaingan politik, melainkan rasa persaudaraan. Sejatinya pemilihan kepala daerah memang harus menunjukkan hal seperti ini, karena pilkada bukanlah ajang persaingan.

Selama ini, Bobby dan tim relawan sepakat bersosialisasi tentang program mereka, sembari menyampaikan pesan kepada masyarakat supaya nantinya masyarakat memahami bahwa pemilihan kepala daerah bukan untuk menunjukkan kehebatan, tetapi adalah ajang untuk saling memberikan yang terbaik untuk masyarakat. Karena itulah, sudah sewajarnya apabila Bobby selalu menunjukkan sikap santun terhadap Akhyar Nasution, sebagai tokoh senior di Kota Medan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here