Syaiful Bahri Lubis: Pemerintahan Kolaboratif Bobby Nasution Sangat Dibutuhkan
Syaiful Bahri Lubis: Pemerintahan Kolaboratif Bobby Nasution Sangat Dibutuhkan

Bobby NasutionCalon Walikota Medan 2020   Bobby Nasution sangat terkenal dengan visi #KolaborasiMedanBerkah, yang selama ini sudah ia lakukan. Bentuk kolaborasi tersebut adalah antara dirinya dengan masyarakat dari berbagai lapisan, dan juga para pengusaha, tokoh agama, politisi, dan juga akademisi.  Bentuk kolaborasi ini akan ia kembangkan menjadi pemerintahan kolaboratif, atau collaborative government, saat ia menjabat sebagai Wali Kota Medan di periode berikutnya.

Semua pihak telah memberikan prediksi bahwa Bobby menjadi kandidat terkuat, dan sudah mendapat dukungan dari siapa saja. Alasan utamanya adalah visi yang jelas dan sudah terlaksana.  Prinsip pemerintahan kolaboratif juga dianggap dapat efektif dalam menjalankan pemerintahan di Kota Medan. Hal ini disampaikan oleh Syaiful Bahri Lubis, mantan Sekretaris Daerah Kota Medan.

Baca Juga: DPD Golkar Sumatera Utara Positif Dukung Calon Wali Kota Medan, Bobby Nasution

“Dia (Bobby Nasution) itu kan muda, jadi akan ada kekuatan untuk kolaborasi. Itu bagus kalau bisa dirangkul semua pihak demi kemajuan Kota Medan,” tegas Syaiful Bahri.  Menurutnya, prinsip kolaboratif untuk mengatur pemerintahan merupakan strategi yang selama ini belum diimplementasikan di Kota Medan. Ia menambahkan bahwa prinsip kolaborasi sangat mendukung percepatan dari pembangunan.  Keberhasilan pembangunan dari konsep kolaborasi akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

Baginya, prinsip-prinsip kolaboratif dalam tata kelola pemerintahan sangat baik dan sangat dibutuhkan untuk upaya percepatan pembangunan. Jika itu berhasil, maka masyarakat akan merasakan manfaatnya.

“Bagus (collaborative government) yang mau dibuat Bobby. Dia ada power atau kekuatan untuk itu. Kan intinya pemerintahan ini bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat,” kata pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Bappeda Kota Medan itu.

Syaiful Bahri bukan satu-satunya tokoh politik yang mendukung konsep Bobby. Semua tokoh politik yang mendapatkan kunjungan dari menantu presiden RI ini sepakat bahwa konsep tersebut memiliki unsur yang sangat pas dalam pembangunan Kota Medan, yang harus banyak ditingkatkan.  #KolaborasiMedanBerkah terbukti bukan sekedar slogan kampanye, karena Bobby dan tim relawan sudah melakukan banyak kolaborasi dengan siapa saja, demi kepentingan masyarakat.

Politisi yang juga setuju dengan konsep ini adalah politisi senior dari Partai Demokrat yaitu HT Milwan. Ia memberikan nilai lebih akan konsep jangka panjang yang digagas oleh Bobby. Hal serupa juga dikatakan oleh Prof. Arif Nasution.  Guru Besar Universitas Sumatera Utara  ini mengatakan bahwa visi Bobby dapat memberikan sentuhan langsung kepada semua masyarakat.

Pemilihan Kepala Daerah Kota Medan yang akan berlangsung pada Desember 2020 nanti adalah momen dimana masyarakat Medan menggunakan hak pilih sebaik-baiknya. Tentu, mereka tidak akan salah pilih dalam menentukan pemimpin yang benar-benar amanah, dan sangat memahami kebutuhan masyarakat, terutama di kalangan akar rumput.

Baca Juga: Calon Wali Kota Medan Bobby Nasution: Mencari Wakil Bebas Korupsi

Bobby bukan sekedar menggandeng politisi. Selama ini, kedekatannya dengan masyarakat terbukti. Terutama dengan kaum millenial. Kedekatannya ini adalah karena ia memiliki konsep yang dibutuhkan anak muda ‘jaman now’ terutama para pengusaha. Pengusaha muda mendambakan pemimpin berpola pikir modern, yang dapat mengatasi masalah mereka  yang terkait dengan birokrasi.

Pemikiran Bobby Nasution dianggap sebagai langkah maju bagi Kota Medan, yang sebelumnya tidak pernah mendapatkan sistem pemerintahan kolaboratif.  Bahkan, tidak pernah ada kandidat wali kota dengan usia muda yang sarat prestasi. Munculnya Bobby sebagai Wali Kota Medan nantinya bukan sekedar jawaban doa dari para pengusaha milenial, tetapi juga kalangan birokrat, tokoh agama, akademisi, dan semua kalangan masyarakat, yang menginginkan Kota Medan yang bersih dari korupsi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here